Tribulus Meningkatkan Gairah Seksual

gambar tanaman tribulus
Tumbuhan Tribulus 
Klik pada gambar tumbuhan tribulus, untuk membeli kapsul tribulus.

Tumbuhan tribulus, dalam bahasa latin disebut dengan Tribulus terrestris, jenis ini berasal dari luar Indonesia. Sedang Tribulus citoides adalah tumbuhan asli Indonesia yang banyak terdapat di Bali dan Nusa Tenggara. Sangat jarang orang Indonesia yang pernah mendengar nama tanaman tribulus. Orang Jawa mengenal tanaman tribulus dengan nama rujak polo. Nama lain dari tanaman tribulus adalah gulma setan, bulu mata setan, duri setan, pohon anggur kuning, kepala kucing, caltrop, puncturevine, goathead, bindii dan burra gokharu. Tumbuhan tribulus dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sedang dan tropis. Tumbuhan tribulus dapat ditemui di sebagian negara Eropa, Afrika, Australia dan Asia Selatan. 

Ciri dari tanaman tribulus: Batang tanaman menjalar dengan panjang mencapai 150 centimeter. Daun berpasangan di kanan kiri batang daun dan berjumlah genap, rata-rata antara 6 hingga 12 lembar daun. Bunga muncul di ketiak daun, mempunyai garis tengah lebih kurang 25 milimeter. Buahnya berbentuk segilima, kulit buah akan pecah secara otomatis saat sudah tua. Buahnya keras dan mempunyai duri yang tajam.

Dalam buku yang berjudul 'Medicinal Plants Of East And Southeast Asia' Lily M.Perry mengatakan, tribulus mempunyai manfaat afrodisiak (meningkatkan libido atau gairah seksual), astringent (mengecilkan pori-pori kulit dan menyerap kelebihan minyak), diuretik (melancarkan air kencing), hemostatik (menghentikan pendarahan) dan tonik (menormalkan kondisi jaringan dan merangsang nafsu makan).

Kita banyak mendengar istilah pria kurang perkasa, impotensi, ejakulasi dini, gairah seksual menurun, libido meningkat, tenaga dan stamina serta vitalitas pria. Tulisan ini juga mengulas tentang kapsul obat herbal berbahan tribulus yang dibuat oleh dua orang peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sehubungan dengan masalah gangguan seksual. Nama kedua peneliti itu adalah Muslimatul Khotimah, S.Si, Apt dan Hardi Cahyono, S.Si, Apt. Keduanya meneliti khasiat biji Tribulus terrestris yang berasal dari Afrika yang berguna untuk meningkatkan gairah seksual.

Orang Eropa telah memanfaatkan tribulus untuk meningkatkan libido atau kemampuan seksual pria dan wanita. Tribulus juga digunakan untuk mengobati penyakit ginjal, hati dan saluran pencernaan.

Tanaman tribulus mengandung unsur kimia alkaloid dan beta karbolin. Dalam biji tribulus terkandung zat golongan saponin (protodioscin dan furostanol), flavonoid, resin, glikosida, steroid, tannin dan minyak esensial. Protodioscin merupakan bahan dasar pada hormon seksual testosteron dan estrogen. Di dalam tubuh manusia, protodioscin diubah menjadi Dehydroepiandrosterone (DHEA) yang merupakan bahan dasar hormon testosteron. Hanya tribulus obat herbal yang mengandung zat protodioscin

Cara mengobati impotensi: tumbuhan tribulus seberat 50 gram ditumbuk hingga halus, tuangi dengan air panas kemudian dinginkan. Saring, minum dengan mencampurkan madu murni. Lakukan konsumsi secara rutin.

Meningkatkan gairah seksual: ambil 10 butir buah tribulus, hancurkan, tuangi air panas, biarkan dingin, saring. Konsumsi dengan mencampurkan madu murni.


kapsul tribulus
kapsul tribulus
Klik gambar untuk membeli kapsul tribulus

Beberapa hal yang didapat berdasar penelitian yang dilakukan pada tumbuhan tribulus:

- Konsumsi suplemen yang mengandung tribulus dapat meningkatkan ereksi dan kepuasan seksual.

- Tribulus terrestris memiliki efek perlindungan pada organ hati manusia yang lebih kuat daripada vitamin E.

- Tribulus adalah tanaman yang banyak digunakan pada obat-obatan produksi negara China atau Tiongkok dengan tujuan yang berkaitan dengan kesehatan jantung, kejantanan dan kesehatan urogenital.

- Akar tumbuhan tribulus dan buahnya mengandung senyawa steroid dan saponin.

- Tribulus terrestris memiliki efek antidepresan.

- Konsumsi tribulus akan mengaktifkan protein kinase C epsilon (PKCe) yang bermanfaat melindungi sel jantung dari kematian sel.

- Tribulus dapat menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

- Mengonsumsi tribulus akan meningkatkan kadar insulin yang bermanfaat bagi penderita Diabetes Melitus atau penyakit gula.

- Tribulus meningkatkan fungsi ginjal pada tikus penelitian yang menderita penyakit Diabetes Melitus ( DM ).

- Pada perlakuan terhadap tikus yang diberi treatmen logam berat, tribulus cukup protektif memberi perlindungan, potensinya melebihi khasiat vitamin E.

- Konsumsi tribulus berkhasiat mengurangi pembentukan batu ginjal (khususnya batu ginjal yang terbentuk dari kalsium oksalat).

- Senyawa yang larut air pada tribulus memiliki sifat diuretik pada manusia.

Aturan Minum:
Minum satu kapsul sehari selama 30 hari selama tiga bulan untuk mengatasi gangguan seksual pria. Minum 2 kapsul pada pagi hari dan 2 kapsul menjelang tidur, mengakibatkan efek ereksi beberapa saat setelah konsumsi.


Konsumsilah kapsul tribulus sesuai dosis yang sudah ditentukan (cara minum kapsul tribulus tercantum pada kemasan botol).

Hati-hati, konsumsi tribulus dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.


Untuk membeli obat herbal tribulus terrestris klik di sini