Mengobati Keringat Berlebihan

keringat berlebihan
Keringat Berlebihan
Keringat berlebihan atau hiperhidrosis dapat terjadi dalam situasi yang tidak biasa, seperti dalam cuaca dingin, dan sering tanpa penyebab. Dalam beberapa kasus, hal itu disebabkan oleh kondisi medis lainnya, seperti menopause atau hipertiroidisme.

Jika Anda mengalaminya, mungkin akan merasa malu atau tidak nyaman secara fisik. Beberapa pilihan pengobatan dapat mengatasi gangguan ini.

Menurut National Institutes of Health (NIH), dari sekitar dua sampai tiga persen orang Amerika menderita hiperhidrosis primer fokal. Namun hanya 40% saja yang melakukan pengobatan.

Jenis Hyperhidrosis dan Penyebabnya

Berkeringat adalah respon alami untuk kondisi tertentu, seperti cuaca panas, aktivitas fisik, atau perasaan takut, marah. Namun saat menderita hiperhidrosis, keringat berlebihan muncul tanpa alasan yang jelas. Penyebabnya tergantung pada jenis hiperhidrosis yang diderita.

Keringat Berlebihan Jenis Utama (Primer Focal)

Pada tipe ini, berkeringat terutama terjadi pada kaki, telapak tangan, wajah, kepala, dan ketiak. Hal ini biasanya dimulai pada masa kanak-kanak. Mungkin keturunan, meskipun alasan untuk ini tidak sepenuhnya dipahami. Dalam kebanyakan kasus, penyebabnya masih belum diketahui.

Keringat Berlebihan Jenis Umum (Sekunder Generalized)

Keringat berlebihan umum sekunder disebabkan oleh kondisi medis atau sebagai efek samping dari pemakaian obat tertentu. Hal ini biasanya dimulai di masa dewasa. Pada tipe ini, penderita keringat berlebihan terjadi pada seluruh tubuh atau hanya pada satu bagian tubuh. Penderita mungkin juga berkeringat saat tidur.

Kondisi yang dapat menyebabkan keringat berlebihan:

     penyakit jantung
     pukulan
     hipertiroidisme
     menopause
    
kanker
     cedera tulang belakang
     penyakit paru-paru
     penyakit Parkinson

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan keringat keluar terlalu banyak. Dalam banyak kasus, keringat berlebihan merupakan efek samping langka yang kebanyakan orang tidak mengalami. Namun, keringat berlebihan adalah efek samping yang umum dari antidepresan seperti:

     desipramin
     nortriptyline
     protripyline

Pasien yang memakai pilocarpine untuk mengobati mulut kering atau kandungan zink sebagai suplemen diet mineral juga bisa menyebabkan keringat berlebihan.

Bagaimana Mengenali Berkeringat Normal atau Berlebihan?

Anda mungkin tidak yakin jika keringat Anda normal atau berlebihan. Jika Anda khawatir, faktor-faktor berikut dapat membantu untuk memutuskan apakah perlu ke dokter:

- Mengalami keringat berlebih yang terjadi selama setidaknya enam bulan tanpa alasan yang jelas.
- Mengalami keringat berlebihan setidaknya sekali seminggu
- Memiliki riwayat keluarga hiperhidrosis
- Keringat mengganggu kegiatan sehari-hari
- Mulai berkeringat berlebihan ketika berusia kurang dari 25 tahun
- Tidak pernah berkeringat saat tidur

Faktor-faktor ini mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki gangguan keringat berlebihan (hiperhidrosis) jenis fokal primer. Anda harus ke dokter untuk diagnosis yang lebih akurat.

Berkeringat terlalu banyak atau berlebihan pada salah satu bagian tubuh mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami hiperhidrosis jenis umum sekunder. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui penyebab keluarnya keringat secara berlebihan.

Beberapa kondisi yang berhubungan dengan keringat berlebihan bisa berakibat serius. Pastikan untuk memberitahu dokter, jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa lainnya ketika berkeringat.

Diagnosa Gangguan Keringat Berlebihan

Dokter akan mengajukan pertanyaan perihal keringat Anda, seperti kapan dan di bagian mana terjadinya. Dokter juga akan melakukan tes tertentu, seperti tes darah dan urin untuk menentukan apakah Anda menderita hiperhidrosis.

Sebuah tes dengan memberi serbuk yodium pada daerah berkeringat. Hasilnya dilihat setelah serbuk yodium atau pati yang ditaburkan di daerah ini mengering. Jika pati berwarna biru tua, Anda cenderung mengalami gangguan hiperhidrosis.

Tes lain, dengan meletakkan kertas khusus pada daerah yang berkeringat. Hasilnya ditimbang setelah menyerap keringat. Jika hasilnya lebih berat dari kebanyakan hasil yang didapat pada orang normal berarti Anda diduga menderita gangguan keringat berlebihan.

Dokter mungkin juga meresepkan tes termoregulasi. Mirip dengan tes dengan serbuk yodium, tes ini menggunakan bubuk khusus yang sensitif terhadap kelembaban. Bubuk ditaburkan ke kulit di mana ada keringat berlebihan dan akan dilihat perubahan warna yang terjadi. Sebelumnya Anda mungkin diminta untuk duduk di sauna dahulu. Jika Anda menderita hiperhidrosis, kemungkinan telapak tangan Anda akan berkeringat.
 

Mengobati Keringat Berlebihan

Antiperspirant Khusus

Dokter mungkin meresepkan obat yang mengandung aluminium klorida antiperspirant. Antiperspirant ini lebih kuat daripada obat yang sering digunakan untuk mengobati kasus ringan hiperhidrosis.
 
Iontophoresis

Prosedur ini menggunakan perangkat yang memberikan arus listrik tegangan rendah saat Anda berendam dalam air. Arus diarahkan ke tangan, kaki, atau ketiak untuk memblokir sementara kelenjar keringat.

Obat antikolinergik

Obat antikolinergik untuk menormalkan keringat yang keluar. Obat ini seperti glycopyrrolate, mencegah kerja dari asetilkolin. Asetilkolin adalah bahan kimia yang merangsang kelenjar keringat. Perlu waktu konsumsi sekitar dua minggu untuk mendapatkan hasil, namun obat ini dapat menimbulkan efek samping sembelit dan pusing.

Botox

Suntikan Botox dapat digunakan untuk mengobati keringat yang keluar secara berlebihan. Kerjanya memblokir saraf yang merangsang kelenjar keringat. Biasanya diperlukan beberapa kali suntikan agar pengobatan ini efektif memberikan hasil yang diharapkan.

Operasi

Jika keringat di ketiak keluar terlalu banyak, operasi mungkin dapat mengobati kondisi ini. Yaitu dengan cara menghilangkan salah satu kelenjar keringat di ketiak. Pilihan lain adalah dengan simpatektomi toraks endoskopi. Cara kerjanya yaitu memutus saraf yang membawa pesan ke kelenjar keringat.

Pengobatan di Rumah

Mengurangi jumlah keringat yang keluar, bisa dengan cara:

     - menggunakan antiperspirant pada bagian yang berkeringat
     - mandi setiap hari untuk menyingkirkan bakteri
     - mengenakan sepatu dan kaus kaki yang terbuat dari bahan alami
     - sering-seringlah membiarkan kaki terbuka
     - sering mengganti kaos kaki

Apa yang sering membuat khawatir penderita hiperhidrosis?

Hubungi dokter jika berkeringat disertai dengan gejala tertentu yang terkait dengan penyakit serius. Gejalanya berupa:

     - berkeringat dan penurunan berat badan
     - berkeringat lebih sering saat tidur
     - berkeringat disertai demam, nyeri dada, sesak napas, denyut jantung cepat
     - berkeringat dan nyeri dada, atau rasa tekanan dan nyeri di dada
     - berkeringat yang berkepanjangan dan tidak dapat dijelaskan penyebabnya

Kami menyediakan obat herbal untuk mengatasi gejala keringat berlebihan, klik di sini: Kapsul Beluntas